10 November 2009

Bab. 2 Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

A. Mendeskripsikan Pelayanan World Wide Web (WWW) sebagai Sumber Informasi

Seperti yang kita ketahui, sudah miliaran halaman
web yang terdapat di Internet. Jika kamu mencoba membuka halaman web satu per satu persatu untuk mencari halaman web tertentu, maka hal ini tidak mudah. Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, kita dapat menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan istilah search engine. Search engine merupakan sebuah situs khusus dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu.
Kemampuan Internet boleh dikatakan tidak terbatas dalam mengolah informasi dan mempunyai umber daya yang tidak sedikit, termasuk di dalamnya penggunaan
e-mail, newsgroup, proses transfer file ataupun informasi, dan pelayanan lainnya.

Sumber daya yang dimiliki Internet yaitu :
*
E-mail, digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronik.
*
Newsgroup, forum diskusi.
*
Mailing List, kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronik.
* IRC (
Internet Relay Chat) ,fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis.
*
Telnet, fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi (login) ke suatu sistem komputer.
* FTP (
File Transfer Protocol), sarana untuk melakukan transfer berkas dari komputer lokal ke komputer lain atau sebaliknya.
*
Gopher, perangkat yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server Gopher melalui menu yang bersifat hierarkis.
*
Archie, perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP.
*
Veronica (Very Easy RodentOriented Netwide Index to Computer Archives), merupakan kemampuan tambahan yang digunakan untuk melakukan pencarian pada situs-situs Gopher.
* WAIS (
Wide Area Information Servers), perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada Internet yang dilakukan dengan menyebutkan nama nasis data dan kata kunci yang dicari.
*
World Wide Web (WWW), sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam Internet melalui pendekatan hypertext.

World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan web merupakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna komputer yang terhubung dengan Internet. Selain itu, WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem di mana informasi dalam bnentuk teks, gambar, suara, dan informasi lainnya yang dipresentasikan dalam sebuah bentuk hypertext.
Protokol yang digunakan web disebut HTTP (
HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language). Dokumen tersebut diletakkan di dalam web server (server yang melayani permintaan halaman web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut browser.


B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk mengakses Website

Fasilitas utama yang dimiliki oleh berbagai
browser pada umumnya adalah sama, yaitu penyediaan layanan navigasi untuk para "peselancar" di dunia maya. Biasanya terdapat enam bagian informasi yang ditampilkan pada jendela browser, yaitu :
*
Tittle Bar
Merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka.
Tittle bar ini berada pada baris paling atas dari jendela browser.
*
Menu Bar
Berisi menu-menu utama
browser. Misalnya, menu File, Edit, View, dan menu lainnya. Di dalam menu- menu tersebut juga terdapat beberapa submenu yang lain.
*
Toolbar
Merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat
browsing dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses menu-menu yang ada dalam bentuk button.
* Address Bar
Berfungsi untuk menunjukkan atau menuliskan alamat situs atau halaman
web yang ingin ditampilkan.
*
Workspace
Merupakan ruang untuk menampilkan informasi status dari situs
web yang sedang kamu buka. Tulisan yang terdapat pada status bar dapat berubah sesuai kondisi.

Bagian-bagian pada toolbar yang sering digunakan, yaitu:
*
Back, untuk kembali ke halaman web sebelumnya.
*
Forward, untuk maju ke halaman web berikutnya.
*
Stop, untuk menghentikan proses download situs web yang sedang berlangsung.
*
Refresh, untuk menampilkan kembali halaman web.
*
Home, untuk kembali ke halaman pertama.
*
Search, untuk mencari web atau data tertentu pada Internet.
*
Favorites, untuk menyimpan halaman web yang sering dikunjungi.
*
History, untuk menampilkan kembali daftar web yang pernah dikunjungi.
*
Mail, untuk mengirim atau membaca e-mail.
*
Print, untuk mencetak halaman web yang diinginkan.


C. Mendeskripsikan Pengertian URL dan Homepage


1. Mengenal URL

URL (
Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di Internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan nama direktori dan nama file-nya, tetapi juga nama mesin yang digunakan dalam jaringan. URL dapat disediakan atau diakses dengan berbagai metode dan bisa jadi bukan hanya sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie, atau apapun yang berkaitan dengan data hasil proses.

Secara umum, untuk melakukan penjelajahan Inyternet harus diketahui alamat yang dituju. Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut.
* Protokol > http;//
* Domain > www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id
*
Directory > /06/
* Nama halaman > index.php

Aturan tersebut jika digabung akan menjadi

http://www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/06/index.php

Bentuk domain secara umum adalah

ilkom.fmipa.ipb.ac.id

Contoh diatas menunjukkan alamat
web Departemen Ilmu Komputer, FMIPA, IPB. Bagian "ac" manyatakan tipe domain, sedangkan "id" menyatakan kode negara untuk Indonesia. Bermacam-macam tipe domain , yaitu :
* com atau co : Perusahaan komersial
* edu atau ac : Industri pendidikan
* gov atau go : Biro atau badan pemerintah
* mil : Militer
* net : Penyedia jaringan
* org atau or : Organisasi

Daftar identitas sebagian negara. yaitu :
* at : Austria
* au : Australia
* ca : Kanada
* de : Jerman
* fr : Prancis
* id : Indonesia
* jp : Jepang
* kr : Korea Selatan
* mx : Meksico
* my : Malaysia
* nz: Selandia Baru
* sg : Singapura
* tr : Turki
* tw : Taiwan
* uk : Inggris
* us : USA
* ve : Venezuela
* za : Afrika Selatan


2. Mengenal Homepage

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman
web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (website). Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web. Suatu homepage dapat memuat informasi mengenai apapun yang dapat kamu bayangkan.
Web page atau halaman web merupakan istilah lain yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui. Jika website dapat diibaratkan seperti buku maka sebuah web page merupakan salah satu halaman dari website tersebut. Karena homepage merupakan halaman depan dari website, maka homepage pun dapat disebut sebagai sebuah web page. Akan tetapi, tidak semua web page merupakan homepage.


D. Mendeskripsikan Hypertext dan HTML

1. Mengenal Hypertext

Dalam komputer, hiperteks adalah paradigma
interface pengguna untuk menampilkan dokumen yang berisi referensi-silang otomatis ke dokumen lainnya yang disebut hiperlink. Memilih hiperlink menyebabkan komputer menampilkan dokumen yang terhubungkan dalam waktu sangat singkat.

Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hiperteks yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani, menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen referensi-silang yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi terdapat secara lokal atau dari mana pun dia berada dengan bantuan jaringan komputer seperti internet. Implementasi paling terkenal dari hiperteks adalah
World Wide Web.

Istilah "hiperteks" sering kali digunakan di mana istilah hipermedia lebih cocok bila digunakan.


Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Hypertext


2. Mengenal HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan
browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka e-mail ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.
ecara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:
*
structural. tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (contoh, akan memerintahkan browser untuk menampilkan "Golf" sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
*
presentational. tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut (contoh, boldface akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks,
*
hypertext. tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, Wikipedia akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
*
Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol button) list, dan garis horizontal.
Selain markup presentational , markup yang lin tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah teks. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets.


Source : http://id.wikipedia.org/wiki/HTML


E. Mengenal Beberapa Situs yang Menyediakan Fasilitas Search Engine

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris:
Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Sejarah terbentuknya mesin pencari (search engine)

Menurut Danny Sullivan, istilah
search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs
web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja
PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998
Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Tokoh-tokoh SEO Terkemuka

Selain pendiri
Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa orang menjadi figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar bisnis mesin pencari dan SEO.

Danny Sullivan
Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs
web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.

Matt Cutts
Programmer dan mantan pegawai NSA (
National Security Agency) Amerika Serikat yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.

Vannesa Fox
Mantan karyawati
Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.


Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

Dari sekian banyak mesin pencari (search engine), yang paling populer diantaranya, yaitu :
*
Google, beralamat di www.google.com
*
Yahoo, beralamat di www.yahoo.com
*
AlltheWeb, beralamat di www.alltheweb.com
*
Excite, beralamat di www.excite.com
*
Lycos, beralamat di www.lycos.com
*
Altavista, beralamat di www.altavista.com


1. Google (www.google.co.id)

Google merupakan mesin pencari yang cukup terkenal untuk saat ini dan memberikan hasil yang relevan dan sangat cepat. Sejumlah besar informasi di Internet membutuhkan layanan pencarian yang sempurna untuk mengelola informasi. Tidak hanya kecanggihan yang dimiliki Google, tetapi juga layanan komunikasi dengan penggunanya yang mengguanakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa Jawa. Sebagai satu sistem yang melayani pengguna dalam melayani informasi diantara miliaran halaman web yang terdapat di Internet, Google menggunakan kombinasi yang unik anatara perangkat keras dan perangkat lunak yang canggih. Kecepatan pencarian yang berbiaya rendah, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang super cepat.

2. Yahoo (www.yahoo.com)


Yahoo merupakan situs search engine yang paling kaya fitur. Popularitas Yahoo meningkat dimata para pengguna karena banyaknya fitur yang disediakan. Hal ini disebabkan karena Yahoo memposisikan diri sebagai situs portal di Internet. Meskipun situs ini banyak fitur yang menggiurkan, tetapi kemampuan layanan mesin pencarinya tidak kalah dengan search engine yang lain. Kecepatan dan keakuratannya dapat diadu dengan search engine terkemuka lainnya.

3. All The Web (www.alltheweb.com)


Internet
AllTheWeb adalah mesin pencari yang berjaya pada pertengahan tahun 1999. Ini tumbuh keluar dari FTP Search, Tor Egge's doktor tesis di Norwegia Universitas Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Cepat Cari dan Transfer didirikan pada 16 Juli 1997. Itu digunakan terutama sebagai bagian pertunjukan situs untuk FAST's perusahaan mesin pencari. Meskipun menyaingi Google dalam ukuran dan teknologi, AllTheWeb tidak pernah menjadi populer.
Ketika
AllTheWeb dimulai pada tahun 1999, Cepat Cari dan Transfer bertujuan untuk menyediakan database untuk mesin pencari yang lain, menyalin kasus yang sukses Inktomi. Memang, pada bulan Januari 2000, Lycos digunakan hasil mereka Lycos PRO dalam pencarian. Pada saat itu, para AllTheWeb database telah berkembang dari 80 juta URI hingga 200 juta. Tujuan mereka adalah untuk mengindeks semua web dapat diakses publik. Crawler mereka diindeks lebih dari 2 milyar halaman dengan Juni 2002 dan memulai babak baru dari perang ukuran mesin pencari. Sebelum pembelian oleh Yahoo!, database berisi sekitar 3,3 miliar URI. AllTheWeb memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Google, seperti database lebih segar, lebih canggih fitur pencarian, cari clustering dan disesuaikan sepenuhnya terlihat. Pada Februari 2003 Cepat divisi pencarian web dibeli oleh Overture. Bulan Maret 2004 Overture itu sendiri diambil alih oleh Yahoo!. Tak lama setelah Yahoo! 'S akuisisi, di situs AllTheWeb mulai menggunakan Yahoo!' S database dan beberapa fitur canggih yang dihapus, seperti FTP pencarian.

4. Excite (www.excite.com)

Excite tetap menjadi pilihan pengguna dalam mencari data di Internet, meskipun situs ini mengalami pasang surut dalam bisnis dot-com. Excite merupakan search engine pelopor dan paling inovasional pada saat pertama kali diperkenalkan. Excite masih layak untuk bersaing dan disebut terbaik di antara search engine lain, karena keakuratan dan kecepatannya dalam menampilkan hasil pencarian.

5. Lycos (www.lycos.com)

Setiap search engine tentu dibuat semenarik dan seakurat mungkin untuk dapat bersaing dan mengejar popularitas di mata pengguna Internet. Lycos sebagai salah satu pelopor mesin pencari, tetap bagus, cepat, dan akurat dalam melakukan pencarian, meskipun banyak situs search engine baru yang baik dan akurat. Hal inilah yang membuat Lycos masih bertahan di jajaran search engine terbaik dunia.
Tampilan Lycos cukup meriah, mengesankan dirinya sebagai situs portal, tidak seperti tampilan search engine lain yang terkesan sederhana. Kotak pencarian terletak di bagian atas halaman, seakan tersembunyi oleh tampilan image dan ikon fitur yang mencolok. Akan tetapi, tidak salah jika fitur-fiturnya dibuat mencolok, karena fitur tersebut sangat bermanfaat dan membantu para penggunanya.

6. Altavista (www.altavista.com)

Para pesaing bisnis di bidang Internet layak memperhitungkan Altavista, khususnya dalam bidang search engine, karena kepopuleran mesin pencari ini dapat disetarakan dengan search engine lain yang lebih lama muncul. Keandalan dan keakuratan hasil yang ditampilkan Altavista menjadikan para pengguna memilih situs ini.
Di balik tampilannya yang sederhana, Altavista menyimpan potensi fungsi pencarian yang mencenangkan. Bahkan, fasilitas penerjemahnya, Babel Fish, merupakan layanan terbaik di kelasnya.


F. Menggunakan Search Engine

Search Engine mempunyai 3 komponen penting. Pertama, elemen yang disebut laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler. Elemen spider mengajarkan akses ke situs-situs web, membaca isinya dan mengikuti link-link yang terdapat dalam situs.
Setiap informasi yang dijumpai di elemen spider selalu akan ditulis dalam sebuah indeks. Indeks merupakan elemen kedua dari search engine. Indeks mirip dengan buku raksasa berisi salinan (copy) dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider. Jika elemen spider menemukan perubahan dari sebuah situs web, maka informasi dari situs web yang terdapat dalam katalog ini akan segera diperbaharui (update). Kadang-kadang diperlukan sebuah penulisan halaman baru sesuai hasil elemen temuan spider pada situs web, sehingga terdapat kemungkinan informasi baru dari sebuah situs web yang telah diakses oleh elemen spider tidak tertulis dalam indeks katalog.
Elemen ketiga dari search engine adalah perangkat lunak (software) search engine itu sendiri. Program inilah yang memilih jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokannya sesuai permintaan pengguna internet dan kemudian menampilkan data ke layar monitor dan menyusunnya dalam daftar sesuai dengan peringkatnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari search engine Google :

* Buka browser Internet Explorer
* Pada kotak Address ketik www.google.co.id, kemudian tekan Enter
* Pada kotak search, ketik kata kunci yang ingin dicari, lalu tekan Enter
* Pilih link untuk informasi yang diperlukan dengan mengklik link tersebut


G. Mengelola Informasi yang diperoleh

1. Menyimpan Informasi

Kita dapat menyimpan data ke dalam harddisk, disket, atau flash disk. Sehingga tanpa harus terhubung dengan internet (offline), kita dapat membukanya.

Adapun cara-cara menyimpan halaman web tersebut :

* Aktifkan web browser pada halaman yang kita sukai
* Setelah tampilan muncul secara utuh, klik File pada pull-down menu, dan pilih Save As
* Selanjutnya akan muncul kotak dialog Save Web Page, tentukan dimana file tersebut akan disimpan, dan juga nama file-nya
* Pilih tombol Save untuk melakukan penyimpanan

Terdapat berbagai jenis penyimpanan yang disediakan, yaitu sebagai berikut :

* Web Page Complete (*.htm,*html), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap.
* Web Archive, Single File (*.mht), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht. File html, gambar, dan animasi disimpan dalam satu file tersebut.
* Web Page, HTML Only (*.htm,*.html), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan file html. Sedangkan, file pendukung, seperti gambar-gambar beserta animasi tidak ikut disimpan.

2. Mencetak informasi

Langkah-langkah mencetak file sebagai berikut :

* Klik menu File
* Klik Print, akan muncul kotak dialog Print
* Selanjutnya, pilih jenis printer kemudian klik Print


H. Download File

Download adalah menyalin data dari server secara remote (mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya). Banyak program khusus untuk menangani kegiatan download file dari internet. Misalnya, Download Accelerator Plus (DAP), Getright, Free Download Manager, dan lainnya.

Langkah-langkah untuk melakukan download, yaitu :

* Buka Browser, pilih satu topik
* Klik Download
* Secara otomatis akan muncul jendela konfirmasi untuk melakukan Download terhadap file tersebut
* Klik tombol Save untuk mulai mendownload informasi. Ketika muncul jendela Save As tentukan folder penyimpanan
* Ketika muncul jendela progress download, tunggu beberapa saat sampai proses selesai


I. Elemen-elemen dalam Dokumen HTML

Untuk membangun suatu situs atau halaman web, kamu terlebih dahulu harus mengerti mengenai HTML. HTML terdiri atas tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda kurung. Bentuk umum dari suatu tag diawali dengan tanda kurung, kemudian teks yang akan dimasukkan, dan diakhiri dengan tanda kurung dengan garis miring. Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan. Saat program browser menampilkan suatu halaman web, browser tersebut akan mencari tag pembuka, kemudian menampilkan teks dengan bentuk yang sesuai dengan definisi dari tag tersebut, dan kemudian mencari tag penutup sebagai batasannya. Tidak semua tag harus ditulis berpasangan, karena terdapat beberapa tag tertentu yang hanya perlu ditulis tunggal.
Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML, dinyatakan dengan tag dan berikut tag-tag pasangannya. Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemen head berisi informasi mengenai dokumen tersebut dan elemen body berisi teks yang sebenarnya, tersusun atas link, grafik, dan elemen lainnya. Secara umum, dokumen web dibagi menjadi dua bagian (section), yaitu section head dan section body.
Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag dan di akhir dokumen. Tag ini menandai elemen HTML, yang berarti dokumen tersebut adalah dokumen HTML. Dalam satu dokumen hanya terdapat satu elemen HTML.
Section atau elemen head ditandai dengan tag head di awal dan tag head dengan garis miring di akhir. Section ini berisi informasi mengenai dokumen HTML. Minimal informasi yang dituliskan dalam elemen ini adalah judul dari dokumen. Judul ini akan ditampilkan pada caption bar dari window browser, ditandai dengan menggunakan tag title dan diakhiri dengan tag title dengan garis miring. Section atau elemen body ditandai dengan tag body di awal dan diakhiri dengan tag body dengan garis miring. Section body merupakan elemen terbesar di dalam dokumen HTML. Elemen ini berisi dokumen yang akan ditampilkan pada browser, meliputi paragraf, grafik, link, tabel, dan elemen lainnya.


0 komentar:

Poskan Komentar